Wednesday, 6 December 2017

laporan dana bantah kurikulum 2013 tahun 2017

 





LAPORAN PENGGUNAAN DANA BANTUAN PEMERINTAH
PENDAMPINGAN KURIKULUM
TAHUN 2017

 











INDUK KLASTER              : SMP NEGERI 2 KERUAK
SEKOLAH IMBAS              : SMP NEGERI  2 SAKRA BARAT
                                                  SMPS IT DHIAUL FIKRI
                                                  SMP NEGERI 3 KERUAK
                                                  SMP NEGERI 4 KERUAK




PEMERINTAH KABUPATEN LOMBOK TIMUR
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMP NEGERI 2 SAKRA BARAT
TAHUN 2017

BAB I
PENDAHULUAN

A.      LatarBelakang
Data yang diperoleh melalui monitoring dan evaluasi pelaksanaan Kurikulum 2013 oleh Direktorat Pembinaan SMP menunjukkan bahwa pengetahuan yang diperoleh para guru dari pelatihan Kurikulum 2013 kurang memadai; sebagian besar guru belum dapat merencanakan pembelajaran (menyusun RPP) yang memenuhi prinsip-prinsip pembelajaran pada Kurikulum 2013 dengan baik; pada umumnya guru belum dapat mengembangkan instrumen penilaian dengan baik; sebagian besar guru belum dapat menyajikan pembelajaran dengan pendekatan ilmiah; dan sebagian besar guru belum mengetahui cara mengelola nilai dengan baik.Selain itu, pada umumnya sekolah belum mantap dalam menyelenggarakan muatan lokal, ekstrakurikuler, dan penelusuran minat peserta didik.
Memperhatikan hal tersebut, fokus pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013 pada tahun 2017 meliputi penyusunan RPP; penyusunan instrumen penilaian; pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik, problem-based learning, project-based learning, dan discovery learning dengan integrasi penumbuhan budi pekerti; pelaksanaan penilaian dan mengelola hasil penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan; penyelesaian hambatan-hambatan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian..
Strategi implementasi kurikulum 2013 dengan pola pendampingan guru melalui kegiatan in dan on pada induk klaster dan satuan pendidikan anggota klaster ternyata cukup efektif untuk menunjang keberhasilan keterlaksanaan kurikulum 2013 tingkat SMP di seluruh  Indonesia.

B.       Tujuan
Tujuan umum dilaksanakannya pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013 pada sekolah induk klaster adalah memberi penguatan kepada sekolah induk dan imbas agar dapat melaksanakan Kurikulum 2013 dari tahapan merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran,sampai pada evaluasi hasil pencapaian kompetensi peserta didik dengan baik.
Tujuan khusus pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013 adalah meningkatkan kemampuan guru sehingga mampudalam:
1.      menyusun RPP;
2.      menyusun instrumen penilaian;
3.      melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik, problem-based learning, project-based learning, dan discovery learning dengan integrasi penumbuhan budi pekerti;
4.      melaksanakan penilaian dan mengelola hasil penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
5.      menyelesaikan hambatan-hambatan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian.

C.       Hasil Yang Diharapkan
Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan kegiatan pendampingan adalah:
1.  Guru semakin memahami:
a.       Kerangka dasar dan struktur kurikulum 2013, yang meliputi: rasional, filosofi, konsep, kaidah, prinsip, makna, dan elemen perubahan kurikulum berdasarkan SKL, KI dan KD sampai dengan strategi pelaksanaan Kurikulum 2013;
b.      Proses pembelajaran;
c.       Proses penilaian;
d.      Pelaksanaan muatan lokal;
e.       Pelaksanaan ekstrakurikuler;
f.       Penelusuran bakat dan minat;
g.      Pelaksanaan matrikulasi (bridging course)
2.   Guru semakint terampil dalam:
a.       Menyusun RencanaPelaksanaanPembelajaran;
b.      Mengelola pembelajaran;
c.       Menyusun instrumen penilaian;
d.      Melaksanakan penilaian termasuk pengisian laporan hasil pencapaian kompetensi (rapor) pesertadidik;





BAB II
PROGRAM DAN REALISASI  KEGIATAN

A.      Tujuan dan sasaran setiap kegiatan.
Bagi guru, tujuan utama program dan realisasi kegiatan bantuan pemerintah ini adalah agar guru meningkat keterampilan operasionalnya. Adapun sasaran utama pendampingan kegiatan ini adalah guru mata pelajaran dan kepala sekolah, baik yang ada di sekolah induk klaster maupun guru dan kepala sekolah yang ada di sekolah imbas.  Secara rinci sasaran setiap kegiatan dari program ini adalah sebagai berikut :
No.
Kegiatan
Hasil
      1.             
In 1
1.   RPP untuk dilaksanakan pada On 1;
2.   Instrumen penilaian untuk dipakai pada On 1;
3.   Umpan balik simulasi.
      2.             
In 2
1.   Penjelasan Teknis Pendampingan On (1 kali);
2.   (Observasi) Pembelajaran dan Penilaian di dalam Kelas A  ;
3.   (Observasi) Pembelajaran dan Penilaian di dalam Kelas B
4.   Refleksi Pembelajaran dan Penilaian dan Revisi RPP dan Instrumen Penilaian
      3.             
On
1.    Daftar best practice dari On 1
2.   RPP untuk dilaksanakan di kelas;
3.   Instrumen penilaian untuk dipakai di kelas; dan Refleksi Pembelajaran dan Penilaian dan Revisi Umpan balik simulasi.


B.       Hasil Pendampingan
1.         Tersusunnya RPP untuk10 Guru mata pelajaran dan 1 Kepala Sekolah sesuai dengan kurikulum 2013;
2.         Tersusunnya instrumen (termasuk rubrik) penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan pada10 mata pelajaran dan Kepala Sekolah
3.         Tersusunya produk penyajian pembelajaran dengan langkah-langkah saintis;
4.         Tersusunnya produk aplikasi pengolahan nilai peserta didik (termasuk mengisi buku laporan pencapaian kompetensi peserta didik);


C.       Dukungan dan Hambatan
Dukungan :
1.         Motivasi yang tinggi dari masing-masing guru mata pelajaran terhadap pelaksanaan kurikulum 2013
2.         Kerjasama yang baik dari masing-masing Kepala Sekolah anggota klaster
3.         Koordinasi yang sangat harmonis antara sekolah induk klaster dengan guru pendamping selalui ntens.

Hambatan :
1.         Radius anggota-anggota klaster di SMP Negeri 2 Keruak jauh
2.         Infra struktur menuju ke tempat anggota klaster saat kegiatan On Kurang bagus






















BAB III
PENUTUP


A.      Kesimpulan
Secara umum pendampingan implementasi kurikulum 2013 pada klaster SMPN 2 Keruak berjalan sesuai dengan harapan, yaitu peningkatan pemahaman guru terhadap kurikulum 2013 sehingga mampu untuk menyusun RPP, menyusun instrumen (termasuk rubrik) penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan, menyajikan pembelajaran dengan langkah-langkah pendekatan ilmiah, melaksanakan penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

B.       Saran-saran
Agar keterlaksanaan kurikulum 2013 pada masing-masing satuan pendidikan di Kabupaten Lombok Timur berjalan sesuai harapan pemerintah, maka dimohon kepada :
Dinas Dikbud Kabupaten Lombok Timur
-        Memantau buku siswa dan guru semester 1 dan semester 2 melalui pengawas mata pelajaran masing-masing

Guru-guru sasaran :
-        Melaksanakan tindaklanjut/ mengimplementasikan hasil pendampingan kurikulum 2013 kemasing-masing satuan pendidikan














LAPORAN PELAKSANAAN KEGIATAN
SMP NEGERI 2 KERUAK


No
JenisdanIndikatorKegiatan
Sasaran
Realisasi PelaksanaanKegiatan
Jadwal

Keg. *)
Uraian Kegiatan
Sasaran
Pelaksanaan
Ket
Vol
Sat
Vol
Sat
(Tgl/Bln/Thn)



PERSIAPAN PELAKSANAAN PENDAMPINGAN



1.      Belanja Bahan
a. Alat Tulis Kantor (ATK)
    - Buku Tulis
    - Hvs 70 Gr A4
    - Kertas Manila
    - Kertas Warna
    - Lem Kertas
    - Isolasi
    - Ballpoint
    - Tas Plastik
    - Tinta Printer
    - Spidol Broadmaker
    - Spidol Kecil
    - Cd Untuk Materi
    - Sertifikat
2.      Belanja Pengiriman Surat Dinas



22
12
10
2
10
6
22
22
4
10
10
22
22 
1



Buah
Rim
Buah
Rim
Botol
Buah
Kotak
Buah
Buah
Buah
Buah
Keping
Lembar
OK






RAPAT KOORDINASI DENGAN IK DI DINAS KABUPATEN/KOTA


1.      Belanja Perjalanan
a. Transport Ketua Pelaksana
 1
 OK



PELAKSANAAN PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH INDUK KLASTER (IN)


1. Belanja Bahan
a. Penggandaan Panduan dan Bahan.
b. Konsumsi Instruktur Kabupaten (Jumlah
 instruktur 11 jika ada mapel agama mayoritas
 lain selain mapel PAI)
    c. Konsumsi Peserta

2. Belanja Honor
    a. Honorarium Pembukaan IN 1 (kegiatan IN 1
dibuka oleh pejabat dari Dinas Pendidikan)
    b. Honorarium Pembukaan IN 2/3 (kegiatan
dibuka oleh Kepala Sekolah/pejabat di
sekolah induk)
    c. Honorarium Instruktur
3. Belanja Perjalanan
    a. Transport Peserta  (Peserta dari luar sekolah
penyelenggara)
    b. Transport Instruktur Kabupaten (IK)
    c. Transport Pembukaan IN 1 (kegiatan dibuka
oleh pejabat dari Dinas Pendidikan)






PENDAMPINGAN PELAKSANAAN KURIKULUM DI SMP (ON)


1.      Belanja Perjalanan
a. Transport Instruktur Instruktur Kabuaten (IK) ke sekolah imbas
2.      Belanja Honor
a. Honorarium Pembukaan
3.      Honorarium Instruktur kabupaten (IK)





PENGELOLAAN PENDAMPINGAN DAN PENYUSUNAN LAPORAN HASIL PELAKSANAAN PENDAMPIGAN DAN LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN KEUANGAN


1.      Belanja Honor (Jumlah Panitia maksimal 7 orang)
a. Honor Penanggung Jawab
b. Honor Ketua
c. Honor Anggota













LAPORAN KEUANGANBANTUAN PEMERINTAH
PENDAMPINGAN PELAKSANAAN KURIKULUM
SMP NEGERI 2 KERUAK

Penerimaan
Pengeluaran
Tgl
Uraian
Jumlah
Tgl
Uraian
Jumlah
Rp.
Rp.
15/7
Dana BantuanPemerintah







20/7
Toko ………. Pembelian ATK





CV………….. Penggandaan

21/7
PenerimaanPajak CV…… :

 21/7
SetorPajak CV………..


PPN (10 %)


PPN


PPhPasal 22 (1,5 %)


PPhPasal 22

22/7
PPh Pasal 21 (15 %) – Honor a.n (narasumber), dkk

 22/7
HonorNarasumbera.n …..

22/7
PPh Pasal 21 (15 %) – Honor a.n (Fasilitator), dkk

22/7
HonorFasilitatora.n ……….
































JumlahPenerimaan


JumlahPengeluaran








JUMLAH


JUMLAH


CATATAN:
Dilampiri dengan foto copy seluruh bukti bukti pengeluaran


        Menyetujui
        Kepala SMP ………………….                                                  Bendahara Penerima,
                                                                                                   SMP .......................
        TTD – Stempel                                                                  
                                                                                                   TTD – Stempel

        Nama Jelas                                                                         Nama Jelas
        NIP.                                                                                   NIP.



LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN
PELAKSANAANBLOCKGRANT PENDAMPINGAN KURIKULUM 2013
TAHUN ANGGARAN 2017


Yang terhormat,
KepalaDinasPendidikanProvinsi
u.p. PPK Dekonsentrasi
di - Mataram


yang bertanda tangan di bawah ini :
nama                                  : Muhamad Shaiful Akbar, S.Pd
Jabatan                               : Kepala Sekolah
NamaSekolah                    : SMP Negeri 2 Keruak
Alamat Sekolah                 : Lapangan Arjanjang Keruak

Bersama ini kami melaporkan bahwa :
1.      Seluruh kegiatan pendampingan kurikulum di klaster SMP Negeri 1 Jeerowaru menggunakan dana bantuan Pemerintah Pendampingan Kurikulum 2013 sebagaimana tercantum dalam Surat Perjanjian Pemberian Bantuan (SPPB) telah selesai 100% sesuai dengan aturan didalam Juknis
2.      Laporanhasilpelaksanaankegiatandarilaporanpenggunaandanasebagaimanaterlampir

Demikianlaporanakhirini kami buatuntukdapatdipergunakansebagaimanamestinya.

Mengetahui,
KepalaDinas Pendidikan                                     Kepala Induk Klaster
Dan Kebudayaan



                                                                             __________________
NIP.                                                                     NIP.













1 comment:

smpn2keruak said...

kapan pelaporannya