LAPORAN PENGGUNAAN DANA BANTUAN PEMERINTAH
PENDAMPINGAN KURIKULUM
TAHUN 2017
INDUK KLASTER :
SMP NEGERI 2
KERUAK
SEKOLAH
IMBAS : SMP NEGERI 2
SAKRA BARAT
SMPS IT DHIAUL FIKRI
SMP NEGERI 3 KERUAK
SMP NEGERI 4 KERUAK
PEMERINTAH KABUPATEN LOMBOK TIMUR
DINAS PENDIDIKAN DAN
KEBUDAYAAN
SMP NEGERI 2
SAKRA BARAT
TAHUN 2017
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LatarBelakang
Data
yang diperoleh melalui monitoring dan evaluasi pelaksanaan Kurikulum 2013 oleh
Direktorat Pembinaan SMP
menunjukkan bahwa pengetahuan yang diperoleh para guru dari pelatihan Kurikulum
2013 kurang memadai; sebagian besar guru belum dapat merencanakan pembelajaran
(menyusun RPP) yang memenuhi prinsip-prinsip pembelajaran pada Kurikulum 2013 dengan baik; pada umumnya
guru belum dapat mengembangkan instrumen penilaian dengan baik; sebagian besar
guru belum dapat menyajikan pembelajaran dengan pendekatan ilmiah; dan sebagian
besar guru belum mengetahui cara mengelola nilai dengan baik.Selain itu, pada
umumnya sekolah belum mantap dalam menyelenggarakan muatan lokal,
ekstrakurikuler, dan penelusuran minat peserta didik.
Memperhatikan
hal tersebut, fokus pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013 pada tahun 2017
meliputi penyusunan RPP; penyusunan instrumen penilaian; pelaksanaan
pembelajaran dengan pendekatan saintifik, problem-based learning, project-based
learning, dan discovery learning dengan integrasi penumbuhan budi pekerti;
pelaksanaan penilaian dan mengelola hasil penilaian sikap, pengetahuan, dan
keterampilan; penyelesaian hambatan-hambatan pelaksanaan pembelajaran dan
penilaian..
Strategi implementasi
kurikulum 2013 dengan pola pendampingan guru melalui kegiatan in dan on pada induk
klaster dan satuan pendidikan anggota klaster ternyata cukup efektif untuk menunjang
keberhasilan keterlaksanaan kurikulum 2013 tingkat SMP di seluruh Indonesia.
B.
Tujuan
Tujuan
umum
dilaksanakannya pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013 pada sekolah induk
klaster adalah memberi penguatan kepada sekolah induk dan imbas agar dapat
melaksanakan Kurikulum 2013 dari tahapan merencanakan pembelajaran,
melaksanakan pembelajaran,sampai
pada evaluasi
hasil pencapaian
kompetensi peserta didik dengan baik.
Tujuan
khusus pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013 adalah
meningkatkan kemampuan guru sehingga mampudalam:
1. menyusun
RPP;
2. menyusun
instrumen penilaian;
3. melaksanakan
pembelajaran dengan pendekatan saintifik, problem-based learning, project-based
learning, dan discovery learning dengan integrasi penumbuhan budi pekerti;
4. melaksanakan
penilaian dan mengelola hasil penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
5. menyelesaikan
hambatan-hambatan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian.
C.
Hasil Yang Diharapkan
Hasil yang
diharapkan dari pelaksanaan kegiatan pendampingan adalah:
1. Guru semakin
memahami:
a.
Kerangka
dasar dan struktur kurikulum 2013, yang meliputi: rasional, filosofi, konsep,
kaidah, prinsip, makna, dan elemen perubahan kurikulum berdasarkan SKL, KI dan
KD sampai dengan strategi pelaksanaan Kurikulum 2013;
b. Proses pembelajaran;
c. Proses penilaian;
d. Pelaksanaan muatan lokal;
e. Pelaksanaan ekstrakurikuler;
f. Penelusuran bakat dan minat;
g. Pelaksanaan matrikulasi (bridging course)
2. Guru semakint terampil dalam:
a. Menyusun RencanaPelaksanaanPembelajaran;
b. Mengelola pembelajaran;
c. Menyusun instrumen penilaian;
d.
Melaksanakan
penilaian termasuk pengisian laporan hasil pencapaian kompetensi (rapor)
pesertadidik;
BAB II
PROGRAM DAN REALISASI
KEGIATAN
A. Tujuan dan sasaran setiap kegiatan.
Bagi guru, tujuan utama program dan realisasi
kegiatan bantuan pemerintah ini adalah agar guru meningkat keterampilan
operasionalnya.
Adapun sasaran utama pendampingan kegiatan ini adalah guru mata pelajaran dan
kepala sekolah, baik yang ada di sekolah induk klaster maupun guru dan kepala
sekolah yang ada di sekolah imbas.
Secara rinci sasaran setiap kegiatan dari program ini adalah sebagai
berikut :
No.
|
Kegiatan
|
Hasil
|
1.
|
In 1
|
1.
RPP untuk dilaksanakan pada On 1;
2.
Instrumen penilaian untuk dipakai pada On 1;
3.
Umpan balik simulasi.
|
2.
|
In 2
|
1.
Penjelasan Teknis Pendampingan On (1 kali);
2.
(Observasi) Pembelajaran dan Penilaian di dalam
Kelas A ;
3.
(Observasi) Pembelajaran dan Penilaian di dalam
Kelas B
4.
Refleksi Pembelajaran dan Penilaian dan Revisi RPP
dan Instrumen Penilaian
|
3.
|
On
|
1.
Daftar best practice dari On 1
2.
RPP untuk dilaksanakan di kelas;
3.
Instrumen penilaian untuk dipakai di kelas; dan
Refleksi Pembelajaran dan Penilaian dan Revisi Umpan balik simulasi.
|
B.
Hasil Pendampingan
1.
Tersusunnya
RPP untuk10 Guru mata pelajaran dan 1 Kepala Sekolah sesuai dengan kurikulum 2013;
2.
Tersusunnya
instrumen
(termasuk rubrik) penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan pada10
mata pelajaran dan Kepala
Sekolah
3.
Tersusunya
produk penyajian
pembelajaran dengan langkah-langkah saintis;
4.
Tersusunnya
produk aplikasi pengolahan nilai peserta didik (termasuk
mengisi buku laporan pencapaian kompetensi peserta didik);
C.
Dukungan dan Hambatan
Dukungan :
1.
Motivasi
yang tinggi dari masing-masing guru mata pelajaran terhadap pelaksanaan kurikulum
2013
2.
Kerjasama
yang baik dari masing-masing Kepala Sekolah anggota klaster
3.
Koordinasi
yang sangat harmonis antara sekolah induk klaster dengan guru pendamping selalui
ntens.
Hambatan :
1.
Radius
anggota-anggota klaster di SMP Negeri 2 Keruak jauh
2.
Infra
struktur menuju ke tempat anggota klaster saat kegiatan On Kurang
bagus
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Secara umum pendampingan implementasi kurikulum 2013
pada
klaster SMPN 2 Keruak berjalan sesuai dengan harapan, yaitu
peningkatan pemahaman guru terhadap kurikulum 2013 sehingga mampu untuk menyusun
RPP, menyusun
instrumen (termasuk rubrik) penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan, menyajikan pembelajaran dengan
langkah-langkah pendekatan ilmiah,
melaksanakan
penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
B. Saran-saran
Agar
keterlaksanaan kurikulum 2013 pada masing-masing satuan pendidikan di Kabupaten
Lombok Timur berjalan sesuai harapan pemerintah, maka dimohon kepada :
Dinas Dikbud Kabupaten Lombok Timur
-
Memantau buku siswa dan guru semester 1 dan semester 2
melalui pengawas mata pelajaran masing-masing
Guru-guru
sasaran :
-
Melaksanakan
tindaklanjut/ mengimplementasikan hasil pendampingan kurikulum 2013
kemasing-masing satuan pendidikan
LAPORAN
PELAKSANAAN KEGIATAN
SMP NEGERI 2
KERUAK
No
|
JenisdanIndikatorKegiatan
|
Sasaran
|
Realisasi PelaksanaanKegiatan
|
Jadwal
|
|
|||
Keg. *)
|
Uraian Kegiatan
|
Sasaran
|
Pelaksanaan
|
Ket
|
||||
Vol
|
Sat
|
Vol
|
Sat
|
(Tgl/Bln/Thn)
|
|
|||
|
PERSIAPAN PELAKSANAAN PENDAMPINGAN
|
|
|
1.
Belanja
Bahan
a. Alat Tulis Kantor (ATK) - Buku Tulis - Hvs 70 Gr A4 - Kertas Manila - Kertas Warna - Lem Kertas - Isolasi - Ballpoint - Tas Plastik - Tinta Printer - Spidol Broadmaker - Spidol Kecil - Cd Untuk Materi - Sertifikat
2.
Belanja
Pengiriman Surat Dinas
|
22
12
10
2
10
6
22
22
4
10
10
22
22
1
|
Buah
Rim
Buah
Rim
Botol
Buah
Kotak
Buah
Buah
Buah
Buah
Keping
Lembar
OK
|
|
|
|
RAPAT KOORDINASI DENGAN IK DI DINAS KABUPATEN/KOTA
|
|
|
1.
Belanja
Perjalanan
a. Transport Ketua Pelaksana |
1
|
OK
|
|
|
|
PELAKSANAAN PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH INDUK
KLASTER (IN)
|
|
|
1. Belanja Bahan
a. Penggandaan Panduan dan Bahan. b. Konsumsi Instruktur Kabupaten (Jumlah instruktur 11 jika ada mapel agama mayoritas lain selain mapel PAI) c. Konsumsi Peserta
2. Belanja Honor
a. Honorarium Pembukaan IN 1 (kegiatan IN 1 dibuka oleh pejabat dari Dinas Pendidikan) b. Honorarium Pembukaan IN 2/3 (kegiatan dibuka oleh Kepala Sekolah/pejabat di sekolah induk) c. Honorarium Instruktur
3. Belanja Perjalanan
a. Transport Peserta (Peserta dari luar sekolah penyelenggara) b. Transport Instruktur Kabupaten (IK) c. Transport Pembukaan IN 1 (kegiatan dibuka oleh pejabat dari Dinas Pendidikan) |
|
|
|
|
|
PENDAMPINGAN PELAKSANAAN KURIKULUM DI SMP (ON)
|
|
|
1. Belanja Perjalanan
a. Transport Instruktur Instruktur Kabuaten (IK) ke sekolah imbas
2. Belanja Honor
a. Honorarium Pembukaan
3. Honorarium Instruktur kabupaten (IK)
|
|
|
|
|
|
PENGELOLAAN PENDAMPINGAN DAN PENYUSUNAN LAPORAN HASIL PELAKSANAAN PENDAMPIGAN DAN LAPORAN
PERTANGGUNGJAWABAN KEUANGAN
|
|
|
1.
Belanja
Honor (Jumlah Panitia maksimal 7 orang)
a. Honor Penanggung Jawab b. Honor Ketua c. Honor Anggota |
|
|
|
|
LAPORAN
KEUANGANBANTUAN PEMERINTAH
PENDAMPINGAN PELAKSANAAN KURIKULUM
SMP NEGERI 2 KERUAK
Penerimaan
|
Pengeluaran
|
||||
Tgl
|
Uraian
|
Jumlah
|
Tgl
|
Uraian
|
Jumlah
|
Rp.
|
Rp.
|
||||
15/7
|
Dana BantuanPemerintah
|
|
|
|
|
|
|
|
20/7
|
Toko ………. Pembelian ATK
|
|
|
|
|
|
CV………….. Penggandaan
|
|
21/7
|
PenerimaanPajak CV…… :
|
|
21/7
|
SetorPajak CV………..
|
|
|
PPN (10 %)
|
|
|
PPN
|
|
|
PPhPasal 22 (1,5 %)
|
|
|
PPhPasal 22
|
|
22/7
|
PPh Pasal 21 (15 %) – Honor a.n (narasumber), dkk
|
|
22/7
|
HonorNarasumbera.n …..
|
|
22/7
|
PPh Pasal 21 (15 %) – Honor a.n (Fasilitator),
dkk
|
|
22/7
|
HonorFasilitatora.n ……….
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JumlahPenerimaan
|
|
|
JumlahPengeluaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|
JUMLAH
|
|
CATATAN:
Dilampiri dengan foto copy seluruh
bukti bukti pengeluaran
Menyetujui
Kepala SMP …………………. Bendahara
Penerima,
SMP
.......................
TTD – Stempel
TTD
– Stempel
Nama Jelas Nama
Jelas
NIP. NIP.
LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN
PELAKSANAANBLOCKGRANT
PENDAMPINGAN KURIKULUM 2013
TAHUN ANGGARAN 2017
Yang terhormat,
KepalaDinasPendidikanProvinsi
u.p. PPK
Dekonsentrasi
di -
Mataram
yang bertanda tangan di
bawah
ini :
nama : Muhamad Shaiful Akbar, S.Pd
Jabatan : Kepala Sekolah
NamaSekolah : SMP Negeri 2 Keruak
Alamat Sekolah : Lapangan Arjanjang Keruak
Bersama ini
kami melaporkan bahwa :
1.
Seluruh kegiatan pendampingan kurikulum
di klaster SMP Negeri 1 Jeerowaru menggunakan dana bantuan Pemerintah Pendampingan Kurikulum 2013 sebagaimana tercantum dalam Surat Perjanjian
Pemberian Bantuan (SPPB) telah selesai 100% sesuai dengan aturan didalam Juknis
2.
Laporanhasilpelaksanaankegiatandarilaporanpenggunaandanasebagaimanaterlampir
Demikianlaporanakhirini kami
buatuntukdapatdipergunakansebagaimanamestinya.
Mengetahui,
KepalaDinas
Pendidikan Kepala Induk Klaster
Dan Kebudayaan
__________________
NIP. NIP.
1 comment:
kapan pelaporannya
Post a Comment